Sabtu, 03 Oktober 2009

Bersetubuh dengan 2,8 Juta Orang



VIVAnews – Rata-rata orang Inggris diperkirakan pernah bersetubuh — secara tak langsung — dengan tak kurang dari 2,8 juta orang. Begitulah hasil perhitungan dari sebuah program kalkulator di Internet yang baru diluncurkan. Program menarik ini memungkinkan orang mengkalkulasi jumlah partner seks tak-langsung sepanjang hidup mereka.

Dari data yang dihimpun program komputasi itu, lelaki Inggris pada umumnya mengaku punya sembilan pasangan seks, adapun perempuan 6,3 partner. Sehingga, jumlah rata-rata mitra seks untuk orang Inggris adalah sebanyak 7,65.

Lalu dari mana angka 2,8 juta orang itu berasal? 

“Ketika kita berhubungan seks dengan seseorang, pada dasarnya kita tidak hanya bersetubuh dengan orang itu saja tapi juga dengan pasangan-pasangan dia sebelumnya dan juga dengan partner seks sebelumnya dari pasangan-pasangan itu, dan seterusnya,” kata Clare Kerr, kepala divisi kesehatan seksual Llyodspharmacy, perusahaan farmasi Inggris.

Kalkulator-seks ini dikembangkan oleh Lloydspharmacy sebagai bagian dari kampanye agar orang memahami resiko hubungan seksual tanpa pelindung. “Penting bagi orang untuk mengerti betapa tinggi resiko mereka tertular penyakit kelamin,” Kerr menambahkan. 

Program ini menggunakan data yang dihimpun dari 6000 warga Inggris berusia dewasa dan diberi nama ‘Sex Degrees of Separation.’ Nama ini plesetan dari sebuah teori terkenal ‘Six Degrees of Separation’ (atau juga populer sebagai teori ‘Jaring Manusia’) yang ditemukan psikolog sosial Stanley Milgram dari Universitas Harvard pada tahun 1967.

Teori ini pada intinya menyatakan bahwa jika A berada satu langkah dari setiap orang yang dikenalnya, dua langkah dari setiap orang yang dikenal A di lapisan sebelumnya itu, dan seterusnya; maka setiap orang paling jauh hanya akan berada enam langkah dari setiap orang lainnya di bumi ini.

Teori ini menjadi sangat populer setelah dibawa ke atas panggung Broadway oleh John Guare pada tahun 1990-an dan diangkat ke layar lebar oleh Hollywood melalui sebuah film yang dibintangi aktor Will Smith. Mereka menunjukkan gagasan di balik teori Milgram bahwa setiap orang di dunia ini bisa terkoneksi satu sama lain melalui enam perantara saja. Simulasi menarik untuk teori ini bisa dimainkan di sebuah aplikasi tentang jaringan artis film di seluruh dunia yang tersedia di situs milik Departemen Ilmu Komputer Universitas Virginia, AS. 

Cara kerja kalkulator 'Sex Degrees of Separation' ini kira-kira begini. Orang diminta memasukkan data umur partner seks mereka. Berdasarkan data itu kalkulator itu lalu memakai gudang datanya untuk mengkomputasi berapa banyak kira-kira mitra seksual orang dalam kisaran umur itu. Proses ini lalu direpetisi untuk lima generasi terdahulu dari sang pasangan. Hasil keseluruhannya memperlihatkan jumlah total pasangan seks yang secara ‘tak-langsung’ pernah memiliki interaksi seksual dengan mereka.

Peluncuran program komputasi-seks ini bersamaan dengan dirilisnya Relationship Screen dari Lloydspharmacy, layanan online yang memungkinkan orang dan partner bercinta mereka dites apakah mengidap chlamydia—penyakit kelamin menular yang paling umum ditemukan—gonorrhoea dan HIV sebelum naik ke ranjang (sumber: telegraph.co.uk, fisikanet.lipi.go.id).

Tidak ada komentar: