Minggu, 11 Oktober 2009

Basic Picking Exercise (Lesson Part 2)


Artikel sebelumnya membahas metode melatih picking dengan fokus pada tangan kanan tetapi di variasikan dengan pemindahan nada pada tangan kiri, serta konsep mengembangkan latihan agar lebih variatif. Pada artikel bagian ke-2 ini akan kita bahas sedikit lebih jauh tentang dasar picking dengan menerapkan salah satu tehnik dalam gitar yaitu open string technique (tehnik senar terbuka). Kelebihan tehnik ini, kita dipaksa fokus pada tangan kiri untuk memilih dan memindahkan nada dengan cara tekan-lepas (hammer on – pull off) sementara picking tetap harus bergerak secara konstan. Ini melatih reflek picking untuk tetap bergerak statis karena fokus kita terbagi dua. 

Pada contoh 1 diperlihatkan bentuk dasar open string. Picking tetap statis, tetapi berikan sedikit tekanan (aksen) pada saat menekan nada. Cobalah latihan ini beberapa menit dimulai dari tempo lambat, saya merekomendasikan menggunakan metronome untuk menjaga tempo.

Contoh 1
||-2-0-0-0-|-2-0-0-0-|-2-0-0-0-|-2-0-0-0-||
||---------|---------|---------|---------||
||---------|---------|---------|---------||
||---------|---------|---------|---------||
||---------|---------|---------|---------||
||---------|---------|---------|---------||

Jika contoh 1 sudah dapat anda kuasai cobalah contoh 2. Disini terdapat perpindahan nada yang memaksa kita untuk membagi fokus antara perpindahan nada dengan picking. Saya akan anggap anda sudah mengerti scale, karena pada contoh 2 saya menggunakan E minor scale. Contoh 3 adalah bentuk descending atau kebalikan contoh 2, anda dapat menyambung contoh 2 dengan contoh 3 agar lebih menarik. 

Contoh 2
||-2-0-0-0-|-3-0-0-0-|-5-0-0-0-|-7-0-0-0-|-8-0-0-0-|-10-0-0-0-||
||---------|---------|---------|---------|---------|----------||
||---------|---------|---------|---------|---------|----------||
||---------|---------|---------|---------|---------|----------||
||---------|---------|---------|---------|---------|----------||
||---------|---------|---------|---------|---------|----------||

Contoh 3
||-10-0-0-0-|-8-0-0-0-|-7-0-0-0-|-5-0-0-0-|-3-0-0-0-|-2-0-0-0-||
||----------|---------|---------|---------|---------|---------||
||----------|---------|---------|---------|---------|---------||
||----------|---------|---------|---------|---------|---------||
||----------|---------|---------|---------|---------|---------||
||----------|---------|---------|---------|---------|---------||

Seperti yang selalu saya tekankan, kreatif dan buat variatif. Cobalah contoh-contoh diatas pada semua senar lain di gitar, selain rasa yang berbeda nuansa pun berubah. Tiap senar memiliki warna suaranya sendiri-sendiri. Contoh 4 memperlihatkan variasi lain dari contoh 2 dan 3, picking tetap konstan, scale tetap sama, tehnik juga sama, hanya variasi perpindahan nada.

Contoh 4
||-2-0-0-0-|-3-0-0-0-|-5-0-0-0-|-3-0-0-0-|-5-0-0-0-|-7-0-0-0-|
||---------|---------|---------|---------|---------|---------|
||---------|---------|---------|---------|---------|---------|
||---------|---------|---------|---------|---------|---------|
||---------|---------|---------|---------|---------|---------|
||---------|---------|---------|---------|---------|---------|

|-5-0-0-0-|-7-0-0-0-|-8-0-0-0-|-7-0-0-0-|-8-0-0-0-|-10-0-0-0-|
|---------|---------|---------|---------|---------|----------|
|---------|---------|---------|---------|---------|----------|
|---------|---------|---------|---------|---------|----------|
|---------|---------|---------|---------|---------|----------|
|---------|---------|---------|---------|---------|----------|

|-8-0-0-0-|-10-0-0-|-12-0-0-0-||
|---------|--------|----------||
|---------|--------|----------||
|---------|--------|----------||
|---------|--------|----------||
|---------|--------|----------||

Semua contoh diatas menekan nada pada hitungan pertama dari 4 hitungan (4/4). OK.. lets break that rule, kita tekan nada tiap 2 hitungan. Hasilnya seperti contoh 5.

Contoh 5
||-2-0-3-0-|-5-0-3-0-|-5-0-7-0-|-5-0-7-0-|-8-0-7-0-|-8-0-10-0-|
||---------|---------|---------|---------|---------|----------|
||---------|---------|---------|---------|---------|----------|
||---------|---------|---------|---------|---------|----------|
||---------|---------|---------|---------|---------|----------|
||---------|---------|---------|---------|---------|----------|

|-8-0-10-0-|-12-------||
|----------|----------||
|----------|----------||
|----------|----------||
|----------|----------||
|----------|----------||

Contoh 6 memperlihatkan variasi yang lain lagi. Lebih membutuhkan sedikit konsentrasi dan fingering yang lebih menantang. Kuasai !!

Contoh 6
||-0-2-3-5-|-0-3-5-7-|-0-5-7-8-|-0-7-8-10-|-0-8-10-12-||
||---------|---------|---------|----------|-----------||
||---------|---------|---------|----------|-----------||
||---------|---------|---------|----------|-----------||
||---------|---------|---------|----------|-----------||
||---------|---------|---------|----------|-----------||

Contoh 7 adalah salah satu contoh yang saya rancang untuk latihan dan pemanasan, berisi beberapa gabungan variasi diatas yang cukup menantang tetapi menarik. Kuasai, mainkan pada tiap senar, dan aplikasikan pada solo anda ketika nge-jam.

Contoh 7
||-2-0-0-0-|-3-0-0-0-|-5-0-0-0-|-7-0-0-0-|-8-0-0-0-|-10-0-0-0-|
||---------|---------|---------|---------|---------|----------|
||---------|---------|---------|---------|---------|----------|
||---------|---------|---------|---------|---------|----------|
||---------|---------|---------|---------|---------|----------|
||---------|---------|---------|---------|---------|----------|

|-12-0-10-0-|-8-0-7-0-|-10-0-8-0-|-7-0-5-0-|-8-0-7-0-|-5-0-3-0-|
|-----------|---------|----------|---------|---------|---------|
|-----------|---------|----------|---------|---------|---------|
|-----------|---------|----------|---------|---------|---------|
|-----------|---------|----------|---------|---------|---------|
|-----------|---------|----------|---------|---------|---------|

|-7-0-5-0-|-3-0-2-0-|-5-0-3-0-|-2-0-0-0-|-0-2-3-5-|-0-3-5-7-|
|---------|---------|---------|---------|---------|---------|
|---------|---------|---------|---------|---------|---------|
|---------|---------|---------|---------|---------|---------|
|---------|---------|---------|---------|---------|---------|
|---------|---------|---------|---------|---------|---------|

|-0-5-7-8-|-0-7-8-10-|-0-8-10-12-|-12-0-0-0-|-8-0-0-0-|-10-0-0-0-|
|---------|----------|-----------|----------|---------|----------|
|---------|----------|-----------|----------|---------|----------|
|---------|----------|-----------|----------|---------|----------|
|---------|----------|-----------|----------|---------|----------|
|---------|----------|-----------|----------|---------|----------|

|-7-0-0-0-|-8-0-5-0-|-7-0-3-0-|-0-2-0-3-|-0-5-0-7-|-0-7-8-0-|
|---------|---------|---------|---------|---------|---------|
|---------|---------|---------|---------|---------|---------|
|---------|---------|---------|---------|---------|---------|
|---------|---------|---------|---------|---------|---------|
|---------|---------|---------|---------|---------|---------|

|-0-5-7-0-|-0-3-5-0-|-0-2-3-0-|-7-0-0-3-|-5-0-0-2-|-0-2-3-0-||
|---------|---------|---------|---------|---------|---------||
|---------|---------|---------|---------|---------|---------||
|---------|---------|---------|---------|---------|---------||
|---------|---------|---------|---------|---------|---------||
|---------|---------|---------|---------|---------|---------||

Konsep open string seperti diatas bisa lebih dikembangkan dan di variasikan lagi. Saya serahkan pada anda untuk berkreasi. Latih tiap hari, disiplin, dan konsisten. Usahakan tiap minggu menggunakan variasi baru agar tidak membosankan. Untuk referensi anda bisa mendengarkan beberapa band Metal favorite saya yang sering menggunakan tehnik ini seperti Iron Maiden dan Helloween, baik untuk Lead, Harmony maupun Rhythm pada lagu-lagunya. Picking Forever!!


Selamat Berlatih !!

Tidak ada komentar: